Rencana
Pelajaran/RPP
RENCANA PELAJARAN
I.
Identitas
Mata Pelajaran
Mata
Pelajaran : Fiqih
Materi
Pembelajaran : Adzan dan
Iqamah
Kelas/semester : VII/I
Waktu : 2x40
menit (1 kali pertemuan)
II. Kemampuan Dasar
Standar Kompetensi :
Melaksanakan tatacara adzan, iqamah, dan sholat jama'ah
Kompetensi Dasar : Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
Indikator :
1. Menjelaskan
pengertian adzan dan iqamah
2. Menjelaskan hukum adzan dan iqamah
3. Melafalkan adzan dan iqamah
4.
Mempraktikkan adzan dan iqamah
Kriteria Unjuk Kerja (KUK)
a.
Pengetahuan : Menjelaskan ketentuan adzan dan
iqamah
b.
Psikomotor : Mempraktikkah lafaz adzan dan iqamah
c.
Afektif : Menghayati makna adzan dan iqamah.
III. Materi Pembelajaran
Konsep Prasarat : Pengertian adzan dan Iqamah
dan hukumnya
Keterampilan Prasarat :
Melafalkan adzan dan iqamah
Uraian Materi :
1.
Pengertian
adzan dan iqamah dan hukumnya
Adzan secara bahasa adalah pengumuman atau pemberitahuan, sedangkan
dalam istilah adzan adalah perkataan tertentu yang bergun memberitahukan
masuknya waktu shalat yang fardhu. Sedangkan iqamah adalah pertanda shalat
berjama’ah dimulai. Hukum adzan dan iqamat adalah sunnah.
2.
Lafal
adzan dan iqamah
Sebelum dilaksanakan sholat jamaah terlebih dahulu disunnahkan salah
seorang untuk mengumandangkan adzan dan iqomah sebagai tanda panggilan sholat
berjamaah. Adapun lafadz adzan dan iqomah adalah :
الله اكبر الله اكبر × ۲
اشهد ان لااله الاالله ×۲
اشهد ان
محمد رسول الله ×۲
حي على الصلاة × ۲ حي على الفلا ح ×
۲ الله اكبر ×۲ لااله الا الله ×۲
Adapun lafadz iqomahnya adalah:
الله اكبر ×۲
اشهد ان
لااله الاالله
اشهد ان
محمد رسول الله حي على الصلاة
حي على
الفلا ح قد قا مت الصلاة×۲ الله اكبر ×
۲ لااله الا الله
IV.
Strategi
Pembelajaran
Metode :
-
Ceramah
-
Kerja kelompok
- Diskusi
Pendekatan :
Pendekatan individual dan kelompok
Langkah PBM :
No
|
Langkah-langkah
|
Waktu (mnt)
|
1.
|
Apersepsi :
- Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan
materi tentang adzan
dan iqamah ,
- Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar adzan
dan iqamah
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
-
Guru menjelaskan ringkasan materi adzan dan
iqomah
-
Guru memperlihatkan gambar-gambar atau CD
adzan dan iqomah
-
Siswa berkerja kelompok untuk berlatih
melafalkan adzan dan iqamah
-
Siswa mempraktekkan adzan dan iqamah
|
60 menit
|
3.
|
Penutup :
- Tanya jawab tentang materi adzan dan iqamah
-
Guru memberikan tugas untuk mencari informasi
tentang sholat jamaah dan tata caranya untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
V.
Alat/bahan/Sumber
Pelajaran
Alat : Spidol, papan tulis, laptop, lcd/proyektor
Bahan : gambar-gambar, CD, vidio adzan dan iqamah
Sumber :
LKS (Ma’arif NU Kudus, Fikroh
Fiqih kelas VIII semester 1 untuk MTs)
VI.
Penilaian
dan Tindak Lanjut
Aspek Pengetahuan : Tes Tertulis dan lisan
Aspek Psikomotor : Tes unjuk kerja
Skenario
Pembelajaran
SKENARIO PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Materi Pokok/Uraian : Adzan, Iqamah
dan Shalat berjama’ah
Kelas/Semester : VII / Gasal
Tahun Pembelajaran : 2012
Standar Kompetensi : Melaksanakan
tata cara adzan, iqamah dan sholat berjamaah
Indikator
|
Materi
Pelajaran
|
Pengalaman
Belajar siswa
|
Life skill
|
||||
P
S
|
S
S
|
T
S
|
V
S
|
A
S
|
|||
Dengan
membaca, latihan, dan diskusi siwa dapat:
1.
Menjelaskan
ketentuan adzan dan iqamah
2.
Menjelaskan
ketentuan shalat berjamaah
3.
Menjelaskan
ketentuan makmum masbuq
4.
Menjelaskan
cara mengingatkan imam yang lupa
5.
Menjelaskan
cara menggantikan imam yang batal
|
· Pengertian Adzan dan iqamah
· Doa sesudah Adzan dan Iqamah
· Sunah-sunah pada waktu Adzan dan
Iqamah
· Pengertian shalat jamaah
· Hukum dan keutamaan shalat
berjamaah
· Syarat menjadi imam dan makmum
· Susunan shaf (barisan) dalam
shalat berjamaah
· Pengertian makmum masbuq
· Cara shalat makmum masbuq
· Cara mengingatkan apabila lupa
bacaan dan rakaat
· Cara menggantikan imam yang batal
|
Siswa dapat menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
Siswa dapat menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
Siswa dapat menjelaskan ketentuan makmum masbuq.
Siswa dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
Siswa dapat menjelaskan cara menggantikan imam yang batal
|
|
|
|
|
|
Keterangan: PS= personal skill
SS= social skill
TS= thinking skill
VS= vacation skill
AS= academic skill
Penutup
1.
Siswa
mengambil kesimpulan pelajaran
2.
Siswa
mengikuti tes formatif secara lisan
Butir Soal
1.
Apa
pengertian adzan, iqamah dan shalat jamaah itu?
2.
Apa
syarat orang yang dijadikan imam dan makmum?
3.
Bagaimana
cara shalat makmum masbuq?
4.
Bagaimana
cara mengingatkan imam yang lupa?
5.
Bagaimana
cara menggantikan imam yang batal?
Kudus,
Kepala Sekolah
Guru
Mata Pelajaran
888 Casino Bonus Code | Deposit $20 Free + $1000
BalasHapus888 Casino 승인 전화 없는 토토 사이트 Bonus Code. The 스포츠 토토 사이트 888 Casino 바카라싸이트 Bonus Code is PLAY20FREE and contains: · Get 먹튀폴리스 검증업체 $50 free 바카라 사이트 추천 no deposit bonus with a minimum deposit of $10. · Play with $20 and