Senin, 26 Januari 2015

Rencana Pelajaran dan Skenario Pembelajaran Fiqih MTs

Rencana Pelajaran/RPP
RENCANA PELAJARAN

I.       Identitas Mata Pelajaran
Mata Pelajaran                       : Fiqih
Materi Pembelajaran              : Adzan dan Iqamah
Kelas/semester                       : VII/I
Waktu                                     : 2x40 menit (1 kali pertemuan)

II.     Kemampuan Dasar
Standar Kompetensi               : Melaksanakan tatacara adzan, iqamah, dan sholat jama'ah
Kompetensi Dasar                  : Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
Indikator                                 :
1.   Menjelaskan pengertian adzan dan iqamah
2.     Menjelaskan hukum adzan dan iqamah
3.     Melafalkan adzan dan iqamah
4.     Mempraktikkan adzan dan iqamah
                                                  
Kriteria Unjuk Kerja (KUK)
a.      Pengetahuan                     : Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
b.     Psikomotor                       : Mempraktikkah lafaz adzan dan iqamah
c.      Afektif                              : Menghayati makna adzan dan iqamah.

III.   Materi Pembelajaran
Konsep Prasarat                      : Pengertian adzan dan Iqamah dan hukumnya
Keterampilan Prasarat                        : Melafalkan adzan dan iqamah
Uraian Materi                         :
1.     Pengertian adzan dan iqamah dan hukumnya
Adzan secara bahasa adalah pengumuman atau pemberitahuan, sedangkan dalam istilah adzan adalah perkataan tertentu yang bergun memberitahukan masuknya waktu shalat yang fardhu. Sedangkan iqamah adalah pertanda shalat berjama’ah dimulai. Hukum adzan dan iqamat adalah sunnah.
2.     Lafal adzan dan iqamah
Sebelum dilaksanakan sholat jamaah terlebih dahulu disunnahkan salah seorang untuk mengumandangkan adzan dan iqomah sebagai tanda panggilan sholat berjamaah. Adapun lafadz adzan dan iqomah adalah :
الله اكبر الله اكبر  × ۲
         اشهد ان لااله الاالله ×۲           اشهد ان محمد رسول الله ×۲
حي على الصلاة × ۲        حي على الفلا ح ×   ۲           الله اكبر ×۲           لااله الا الله ×۲
Adapun lafadz iqomahnya adalah:
الله اكبر  ×۲
  اشهد ان لااله الاالله            اشهد ان محمد رسول الله            حي على الصلاة
حي على الفلا ح          قد قا مت الصلاة×۲           الله اكبر ×   ۲        لااله الا الله
IV.  Strategi Pembelajaran
Metode                                    :
-   Ceramah
-   Kerja kelompok
-   Diskusi
Pendekatan                             : Pendekatan individual dan kelompok
Langkah PBM                         :
No
Langkah-langkah
Waktu (mnt)
1.
Apersepsi :
-   Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi tentang adzan dan iqamah ,
-   Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar adzan dan iqamah
10 menit
2.
Kegiatan Inti :
-        Guru menjelaskan ringkasan materi adzan dan iqomah
-        Guru memperlihatkan gambar-gambar atau CD adzan dan iqomah
-        Siswa berkerja kelompok untuk berlatih melafalkan adzan dan iqamah
-        Siswa mempraktekkan adzan dan iqamah
60 menit
3.
Penutup :
-     Tanya jawab tentang materi adzan dan iqamah
-     Guru memberikan tugas untuk mencari informasi tentang sholat jamaah dan tata caranya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

V.    Alat/bahan/Sumber Pelajaran
Alat                                         : Spidol, papan tulis, laptop, lcd/proyektor
Bahan                                      : gambar-gambar, CD, vidio adzan dan iqamah
Sumber                                   : LKS (Ma’arif NU Kudus, Fikroh  Fiqih kelas VIII semester 1 untuk MTs)
VI.  Penilaian dan Tindak Lanjut
Aspek Pengetahuan                : Tes Tertulis dan lisan
Aspek Psikomotor                  : Tes unjuk kerja






Skenario Pembelajaran
SKENARIO PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                 : Fiqih
Materi Pokok/Uraian        : Adzan, Iqamah dan Shalat berjama’ah
Kelas/Semester                 : VII / Gasal
Tahun Pembelajaran         : 2012
Standar Kompetensi        : Melaksanakan tata cara adzan, iqamah dan sholat berjamaah
Indikator
Materi
Pelajaran
Pengalaman
Belajar siswa
Life skill
P
S
S
S
T
S
V
S
A
S
Dengan membaca, latihan, dan diskusi siwa dapat:
1.    Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah




2.   Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah









3.   Menjelaskan ketentuan makmum masbuq

4.   Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa


5.   Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal



·  Pengertian Adzan dan iqamah
·  Doa sesudah Adzan dan Iqamah
·  Sunah-sunah pada waktu Adzan dan Iqamah
·    Pengertian shalat jamaah
·    Hukum dan keutamaan shalat berjamaah
·    Syarat menjadi imam dan makmum
·    Susunan shaf (barisan) dalam shalat berjamaah
·    Pengertian makmum masbuq
·    Cara shalat makmum masbuq
·    Cara mengingatkan apabila lupa bacaan dan rakaat
·    Cara menggantikan imam yang batal




Siswa dapat menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah



Siswa dapat menjelaskan ketentuan shalat berjamaah








Siswa dapat menjelaskan ketentuan makmum masbuq.
Siswa dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
Siswa dapat menjelaskan cara menggantikan imam yang batal





Keterangan:          PS= personal skill
                              SS= social skill
TS= thinking skill
VS= vacation skill
AS= academic skill
Penutup
1.     Siswa mengambil kesimpulan pelajaran
2.     Siswa mengikuti tes formatif secara lisan
Butir Soal
1.     Apa pengertian adzan, iqamah dan shalat jamaah itu?
2.     Apa syarat orang yang dijadikan imam dan makmum?
3.     Bagaimana cara shalat makmum masbuq?
4.     Bagaimana cara mengingatkan imam yang lupa?
5.     Bagaimana cara menggantikan imam yang batal?

Kudus,


Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran

1 komentar:

  1. 888 Casino Bonus Code | Deposit $20 Free + $1000
    888 Casino 승인 전화 없는 토토 사이트 Bonus Code. The 스포츠 토토 사이트 888 Casino 바카라싸이트 Bonus Code is PLAY20FREE and contains: · Get 먹튀폴리스 검증업체 $50 free 바카라 사이트 추천 no deposit bonus with a minimum deposit of $10. · Play with $20 and

    BalasHapus