Perencanaan Pembelajaran Materi Fiqih MTs Kelas VII Pokok Bahasan
Memupuk Kebersamaan dalam Berjama’ah
Satuan
Pelajaran (SAP) Fiqih MTs kelas VII
SATUAN PELAJARAN
Bidang
Studi : Fiqih
Sub.
Bidang Studi : Fiqih Ibadah
Mata
Pelajaran : Fiqih
Pokok
Bahasan : Adzan, Iqamah dan
Shalat Berjama’ah
Sub.
Pokok Bahasan : Tata cara adzan,
Iqamah dan sholat berjamaah
Kelas : VII
Semester/cawu : 1 / Gasal
Waktu : 2X80 Menit ( 2
kali Pertemuan)
I.
Tujuan
Instruksional Umum :
Siswa dapat melaksanakan tata cara adzan, iqamah, dan shalat
berjamaah
II.
Tujuan
Instruksional Khusus :
1.
Siswa
dapat menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
2.
Siswa
dapat menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
3.
Siswa
dapat menjelaskan ketentuan makmum masbuq
4.
Siswa
dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
5.
Siswa
dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal
6.
Siswa
dapat mempraktekkan adzan, iqamah dan shalat jamaah.
III.
Materi
Pelajaran
1.
Ketentuan
Adzan dan Iqamah
1.1.Pengertian Adzan dan Iqamah
1.2.Doa sesudah Adzan dan Iqamah
1.3.Sunah-sunah pada waktu Adzan dan iqamah
2.
Ketentuan
Shalat Jamaah
2.1.Pengertian Shalat Jamaah
2.2.Hukum dan keutamanan shalat Jamaah
2.3.Syarat Imam dan Makmum
2.3.1.
Syarat
orang yang dijadikan Imam
2.3.2.
Syarat
menjadi Makmum
2.4.Susunan Shaf (barisan) dalam Shalat berjamaah
3.
Ketentuan
Makmum Masbuq
3.1.Pengertian Makmum Masbuq
3.2.Cara Shalat Makmum Masbuq
4.
Cara
Mengingatkan Imam yang Lupa
5.
Cara
Menggantikan Imam yang Batal
IV. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
1.
Jenis
Pendekatan yang digunakan/Metode
a.
Metode
ceramah
b.
Metode
tanya jawab
c.
Metode
diskusi
d.
Metode
kerja kelompok
2.
Pokok-pokok
Kegiatan
a.
Kegiatan
Guru
1)
Guru memberikan pertanyaan seputar pelajaran
yang lalu dan materi adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah.
2)
Guru
memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah
3)
Guru
memberikan penguatan tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah dan tentang tata caranya
4)
Guru
mengintruksikan siswa untuk duduk berdasarkan kelompoknya. (agar kemampuan
siswa di setiap kelompok rata, guru
membantu membuat kelompok.
5)
Guru
menunjuk secara acak perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya di depan kelas.
6)
Memberikan
pelurusan mengenai hasil diskusi siswa.
7)
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian
adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah dan
tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
b.
Kegiatan
Siswa
1)
Siswa membaca literatur/referensi tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah.
2)
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah
3)
Siswa
melakukan diskusi untuk membahas tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah.
4)
Salah
seorang siswa mendemonstrasikan tatacara adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah sementara yang
lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil
kegiatan pengamatan.
V.
Alat
Pelajaran dan Sumber
1.
Alat
Pelajaran
1.1. Papan Tulis
1.2.Spidol
1.3.LCD/proyektor
1.4.Laptop
2.
Sumber
Bacaan
2.1.LP Ma’arif NU Kudus, Fikroh
Fiqih kelas VIII semester 1 untuk MTs,
VI. Evaluasi
1.
Prosedur
1.1.Free test
1.2.Post test
2.
Alat
Evaluasi (jenis test)
2.1.Tes tertulis
2.2.Tes lisan
2.3.Tes perbuatan
3.
Soal-soal
tes
3.1. Soal tes tertulis
I.
Pilihan
Ganda
1.
Cara
ma’mum laki-laki mengingatkan imam yang lupa gerakan shalat dengan cara …
a.
Mengucapkan
subhanallah
b.
Tepuk
tangan
c.
Mengucapkan
hamdalah
d.
Mengucapkan
laa ilahaillallah
2.
Orang
yang mempunyai kemampuan dalam al-Qur’an, merupakan salah satu syarat…
a.
Menjadi
ma’mum
b.
Menjadi
pemimpin
c.
Menjadi
imam
d.
Menjadi
tokoh masyarakat
3.
Ketika
seseorang menyeru adzan dan iqamah disunnahkan menghadap …
a.
Selatan
b.
Utara
c.
Kiblat
d.
Timur
4.
Shalat
menurut bahasa berarti …
a.
Doa
b.
Lupa
c.
Ingat
d.
Ingkar
5.
Keutamaan
shalat berjamaah adalah …
a.
Menambah
masalah
b.
Mempererat
tali silaturrahmi
c.
Mendapat
pujian orang
d.
Menimbulkan
permusuhan
6.
Hukum
adzan dan iqamah menurut pendapat kebanyakan ulama yaitu …
a.
Wajib
ain
b.
Mubah
c.
Wajib
kifayah
d.
Sunnah
7.
Shalat
berjamaah sekurangkurangnya dikerjakan oleh …
a.
Dua
orang
b.
40
orang
c.
Satu
orang
d.
80
orang
8.
Berikut
arti adzan secara etimologi, kecuali …
a.
Panggilan
b.
Ajakan
c.
Seruan
d.
Imbauan
9.
Seorang
yang tidak sempat membaca fatihah ketika imam berdiri disebut …
a.
Makmum
muwafiq
b.
Makmum
masbuq
c.
Makmum
teledor
d.
Makmum
yang didahului
10. Adzan shalat maktubah hukumnya adalah …
a.
Sunat
b.
Haram
c.
Wajib
d.
makruh
II.
Uraian
1.
Jelaskan
pengertian shalat jamaah!
2.
Apakah
hukum shalat berjamaah?
3.
Sebutkan
syarat-syarat menjadi makmum!
4.
Apakah
yang dinamakan makmum masbuq itu ?
5.
Bagaimana
cara mengingatkan imam yang lupa tidak membaca surat al-fatihah?
3.2.Soal Tes Perbuatan
I.
Tes
kinerja (diskusi)
1.
Haruskah
adzan dilantunkan dengan suara yang merdu. Bagaimana pendapatmu?
2.
Bagaimana
jika ketika shalat berjamaah kamu melihat najis melekat pada pakaian imam. Apa
yang kamu lakukan?
3.
Mengapa
perlu tumakninah dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan shalat?
II.
Tes
praktik
Secara berkelompok, praktikkan:
1.
Satu
kelompok siap-siap melaksanakan salat berjamaah, dimulai dengan adzan dan
iqamah, bagaimana adab adzan dan iqamahnya?
2.
Ketika
berjamaah berlangsung, imam melaksanakan kesalahan dalam bacaan dan hitungan
rakaat. Coba praktikkan untuk mengingatkannya!
3.
Ketika
berjamaah berlangsung, imm tiba-tiba batal shalatnya. Coba praktikkan
menggantikan imam!
Kunci Jawaban
I.
Pilihan
Ganda
1.
A
2.
C
3.
C
4.
A
5.
B
6.
D
7.
A
8.
D
9.
B
10. A
II.
Uraian
1.
Shalat
jamaah
2.
Sunnah
mu’akkad
3.
a. berniat menjadi makmum
b.
mengikuti
imam dalam segera gerakan shalat
c.
makmum
hendaklah berdiri agak ke belakang dari imam
4.
makmum
masbuq adalah orang yang datang terlambat ke tempat shalat berjamaah.
5.
Dengan
meneruskan bacaan atau langsung membaca ayat yang benar dengan niat berdzikir.
CASINO DOUBLEWAY - JTAH Hub
BalasHapusGet ready for a quick walk to 경기도 출장마사지 CASINO DOUBLEWAY from JTAH. 영주 출장마사지 The cheapest 안산 출장안마 way to get from JTAH 거제 출장안마 to JTAH. The quickest way takes just 6 서산 출장마사지 mins.