Senin, 26 Januari 2015

SATUAN PELAJARAN FIQIH MTs KELAS VII


Perencanaan Pembelajaran Materi Fiqih MTs Kelas VII Pokok Bahasan Memupuk Kebersamaan dalam Berjama’ah
 Satuan Pelajaran (SAP) Fiqih MTs kelas VII
SATUAN PELAJARAN

Bidang Studi                     : Fiqih
Sub. Bidang Studi             : Fiqih Ibadah
Mata Pelajaran                 : Fiqih
Pokok Bahasan                 : Adzan, Iqamah dan Shalat Berjama’ah
Sub. Pokok Bahasan         : Tata cara adzan, Iqamah dan sholat berjamaah
Kelas                                 : VII
Semester/cawu                 : 1 / Gasal
Waktu                               : 2X80 Menit ( 2 kali Pertemuan)

I.       Tujuan Instruksional Umum           :
Siswa dapat melaksanakan tata cara adzan, iqamah, dan shalat berjamaah
II.     Tujuan Instruksional Khusus :
1.     Siswa dapat menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
2.     Siswa dapat menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
3.     Siswa dapat menjelaskan ketentuan makmum masbuq
4.     Siswa dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
5.     Siswa dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal
6.     Siswa dapat mempraktekkan adzan, iqamah dan shalat jamaah.
III.   Materi Pelajaran
1.     Ketentuan Adzan dan Iqamah
1.1.Pengertian Adzan dan Iqamah
1.2.Doa sesudah Adzan dan Iqamah
1.3.Sunah-sunah pada waktu Adzan dan iqamah
2.     Ketentuan Shalat Jamaah
2.1.Pengertian Shalat Jamaah
2.2.Hukum dan keutamanan shalat Jamaah
2.3.Syarat Imam dan Makmum
2.3.1.     Syarat orang yang dijadikan Imam
2.3.2.     Syarat menjadi Makmum
2.4.Susunan Shaf (barisan) dalam Shalat berjamaah
3.     Ketentuan Makmum Masbuq
3.1.Pengertian Makmum Masbuq
3.2.Cara Shalat Makmum Masbuq
4.     Cara Mengingatkan Imam yang Lupa
5.     Cara Menggantikan Imam yang Batal
IV.  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
1.     Jenis Pendekatan yang digunakan/Metode
a.      Metode ceramah
b.     Metode tanya jawab
c.      Metode diskusi
d.     Metode kerja kelompok
2.     Pokok-pokok Kegiatan
a.      Kegiatan Guru
1)     Guru memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah.
2)     Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah
3)     Guru memberikan penguatan tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah dan tentang tata caranya
4)     Guru mengintruksikan siswa untuk duduk berdasarkan kelompoknya. (agar kemampuan siswa di setiap kelompok rata,  guru membantu membuat kelompok.
5)     Guru menunjuk secara acak perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
6)     Memberikan pelurusan mengenai hasil diskusi siswa.

7)     Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
b.     Kegiatan Siswa
1)     Siswa membaca literatur/referensi tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah.
2)     Siswa mengamati demonstrasi guru tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah
3)     Siswa melakukan diskusi untuk membahas tentang adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah.
4)     Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara adzan, iqamah ,dan shalat jama’ah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan.
V.    Alat Pelajaran dan Sumber
1.     Alat Pelajaran
1.1. Papan Tulis
1.2.Spidol
1.3.LCD/proyektor
1.4.Laptop
2.     Sumber Bacaan
2.1.LP Ma’arif NU Kudus, Fikroh  Fiqih kelas VIII semester 1 untuk MTs,
VI.  Evaluasi
1.     Prosedur
1.1.Free test
1.2.Post test
2.     Alat Evaluasi (jenis test)
2.1.Tes tertulis
2.2.Tes lisan
2.3.Tes perbuatan
3.     Soal-soal tes
3.1. Soal tes tertulis
I.    Pilihan Ganda
1.     Cara ma’mum laki-laki mengingatkan imam yang lupa gerakan shalat dengan cara …
a.      Mengucapkan subhanallah
b.     Tepuk tangan
c.      Mengucapkan hamdalah
d.     Mengucapkan laa ilahaillallah
2.     Orang yang mempunyai kemampuan dalam al-Qur’an, merupakan salah satu syarat…
a.      Menjadi ma’mum
b.     Menjadi pemimpin
c.      Menjadi imam
d.     Menjadi tokoh masyarakat
3.     Ketika seseorang menyeru adzan dan iqamah disunnahkan menghadap …


a.      Selatan
b.     Utara
c.      Kiblat
d.     Timur


4.     Shalat menurut bahasa berarti …


a.      Doa
b.     Lupa
c.      Ingat
d.     Ingkar


5.     Keutamaan shalat berjamaah adalah …
a.      Menambah masalah
b.     Mempererat tali silaturrahmi
c.      Mendapat pujian orang
d.     Menimbulkan permusuhan
6.     Hukum adzan dan iqamah menurut pendapat kebanyakan ulama yaitu …
a.      Wajib ain
b.     Mubah
c.      Wajib kifayah
d.     Sunnah
7.     Shalat berjamaah sekurangkurangnya dikerjakan oleh …


a.      Dua orang
b.     40 orang
c.      Satu orang
d.     80 orang


8.     Berikut arti adzan secara etimologi, kecuali …


a.      Panggilan
b.     Ajakan
c.      Seruan
d.     Imbauan


9.     Seorang yang tidak sempat membaca fatihah ketika imam berdiri disebut …
a.      Makmum muwafiq
b.     Makmum masbuq
c.      Makmum teledor
d.     Makmum yang didahului
10.  Adzan shalat maktubah hukumnya adalah …


a.      Sunat
b.     Haram
c.      Wajib
d.     makruh


II.     Uraian
1.     Jelaskan pengertian shalat jamaah!
2.     Apakah hukum shalat berjamaah?
3.     Sebutkan syarat-syarat menjadi makmum!
4.     Apakah yang dinamakan makmum masbuq itu ?
5.     Bagaimana cara mengingatkan imam yang lupa tidak membaca surat al-fatihah?
3.2.Soal Tes Perbuatan
I.       Tes kinerja (diskusi)
1.     Haruskah adzan dilantunkan dengan suara yang merdu. Bagaimana pendapatmu?
2.     Bagaimana jika ketika shalat berjamaah kamu melihat najis melekat pada pakaian imam. Apa yang kamu lakukan?
3.     Mengapa perlu tumakninah dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan shalat?


II.     Tes praktik
Secara berkelompok, praktikkan:
1.     Satu kelompok siap-siap melaksanakan salat berjamaah, dimulai dengan adzan dan iqamah, bagaimana adab adzan dan iqamahnya?
2.     Ketika berjamaah berlangsung, imam melaksanakan kesalahan dalam bacaan dan hitungan rakaat. Coba praktikkan untuk mengingatkannya!
3.     Ketika berjamaah berlangsung, imm tiba-tiba batal shalatnya. Coba praktikkan menggantikan imam!

Kunci Jawaban
I.       Pilihan Ganda


1.     A
2.     C
3.     C
4.     A
5.     B
6.     D
7.     A
8.     D
9.     B
10.  A


II.     Uraian
1.     Shalat jamaah
2.     Sunnah mu’akkad
3.     a.  berniat menjadi makmum
b.   mengikuti imam dalam segera gerakan shalat
c.   makmum hendaklah berdiri agak ke belakang dari imam
4.     makmum masbuq adalah orang yang datang terlambat ke tempat shalat berjamaah.
5.     Dengan meneruskan bacaan atau langsung membaca ayat yang benar dengan niat berdzikir.

1 komentar:

  1. CASINO DOUBLEWAY - JTAH Hub
    Get ready for a quick walk to 경기도 출장마사지 CASINO DOUBLEWAY from JTAH. 영주 출장마사지 The cheapest 안산 출장안마 way to get from JTAH 거제 출장안마 to JTAH. The quickest way takes just 6 서산 출장마사지 mins.

    BalasHapus